Jumat, 18 November 2011

ilmu


“Sadarkah kita???”

Allah menciptakan manusia sebagai makhluk yang mempunyai kelebihan diantara makhluk yang lain, tapi tak jarang manusia itu tidak menyadari bahwa dia dilebihkan oleh Allah dari makhluk-makluk yang Allah ciptakan yaitu dari segi akal yang tidak Allah berikan kepada makhluknya. Dan sebegitu rohman rohimnya Allah, sehingga Dia memberikan amanah kepada manusia sebagai kholifahtu fil’ar (pemimpin dimuka bumi) sehingga para malaikatpun mengajukan sebuah protes kepada Allah tentang pemberian amanah kepada manusia seperti dalam surat al-baqarah ayat 30 yang berbunyi “dan (ingatlan) ketika tuhanmu berfirman kepada para malaikat,” aku hendak menjadikan kholifah di bumi.” Mereka berkata,” apakah engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedang kami bertasbih memuji-MU dan mensucikan nama- MU?”  Dia berfirman,” sunggauh aku megetahui apa yang tidak kamu ketahui.”
            Dari ayat di atas kita bisa lihat bahwa Allah mempercayai manusia sebagai wakil-NYA di bumi. Dahulu  kala Allah menawarkan amanah kekhalifahan kepada langit, bumi dan gunung-gunung dan semua menolaknya akan tetepi manusia  mau menerimanya. Oleh karena itu manusia telah diberikan oleh Allah berbagai potensi untuk bisa mengemban tugas dan amanahnya. Begitu besar potensi yang Allah berikan kepada manusia tetapi manusia itu sendiri jarang menyadari kelebihanya justru lebih banyak berkeluh kesah dan tidak menyadari bahwa dia sendiri bisa melakukan sesuatu yang menakjubkan  dengan potensi yang Allah berikan. Potensi itu bukan hanya untuk dunawi saja tapi yang hakikinya adalah untuk akhirat,  kita di dunia hanyalah sebagai transit dan manusia akan kembali meneruskan perjalanannya ke akhirat kekal.
             Dan semuanya hanya dengan ilmu kita bisa megemban amanah yang Allah berikan dengan baik. ketika nabi sulaeman diberikan sebuah pilihan oleh Allah yaitu ilmu, tahta dan wanita maka nabi sulaeman pun memilih ilmu dan dengan ilmu tersebut semuanya bisa dicapai dan didapatkan oleh nabi sulaeman, itu pula menjadi jejak untuk kita bekal dunia dan akhirat yaitu ILMU
Dalam al-quranpun banyak sekali ayat-ayat yang mejelaskan keutamaan menuntut ilmu diantaranya disurat al-mujadilah ayat 11 yang berbunyi “ niscaya Allah akan meninggikan orang orang yang  beriman diantaramu dan orang-orang  diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”
            Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu hal yang disusun secara sistematis sehingga dapat digunkan untuk menerangkan gejala-gejala pada hal tersebut. Sedangkan pengetahuan adalah “kepandaian,  yaitu segala sesuatu yang diketahui

Tidak ada komentar:

Posting Komentar