Jumat, 18 November 2011

selintas tentang perempuan


Selintas tentang perempuan
Karya: Rha adhnin

                Jika kita berbicara tentang perempuan, banyak sekali keunikan yang terjadi dalam diri seorang perempuan, Allah menciptakan perempuan dari tulang rusuk Nabi Adam.
 Dan pada dasarnya setiap manusia ingin diperhatikan dan dicintai. Kata seorang pujangga di facebook” perempuan diciptakan dari tulang rusuk kiri untuk dekat dengan tangan dan hati. Artinya dekat dengan tangan untuk dipeluk dan dikasihi, eitszzz  tapi jangan salah persepsi hanya untuk yang sudah makhrom doang ya!!!
                Menurut psikologi manusia itu terbagi menjadi tiga domain kajian yaitu:
1.        Domain kognitif
2.       Domain afektif
3.       Domain psikomotorik
Nah perempuan lebih dominan kepada domain afektif, karena menyangkut perasaan, emosiaonal ketimbang realistis dan rasioal.
Dari pembahasan psikologi tadi, sifat manusia menurut fauz noor sifat bisa di sinonimkan dengan nafsu, dan nafsu dibagi menjadi tiga:
1.       Nafsu amarah:  nafsu amarah lebih condong kepada sifat negative dan mendekat kepada syetan
2.       Nafsu mutmainah: yaitu nafsu yang positif yang dekat kepada ke illahian.
3.       Nafsu lawwamah: yaitu sifat kontradiktif, artinya ada sebuah pertentangan di dalam jiwa antara akhlak yang terpuji dan akhlak yang tercela.
Kita bisa menjadikan tolok ukur untuk diri sendiri, lebih cenderung kemanakah diri kita laydis????
Saya juga ingin mengutif jargon dari seorang filosofis yaitu sarte, dia berkata bahwa keraguan adalah sifat ragu jika manusia itu ragu dengan keragu-raguan tapi saya merubah dari keraguan manjadi keyakinan. Keyakinan adalah sifat yakin jika manusian itu yakin dengan keyakinan,” artinya jika seorang itu tidak ragu bahwa ada sifat yakin berarti dia ada dalam keyakian. Dan di dalam islam ragu adalah lawan kata dari iman yaitu percaya dan yakin.
                Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa perempuan lebih cenderung kepada perasaan dan bisa kita hendel dengan pondasi yang ada dalam islam yaitu aqidah dan keimanan dengan dijalani secara continue menjadi sebuah perinsip yang istiqomah dalam diri seseorang.
Menurut psikologi sifat perempuan itu labil atau ketidak seimbangan kejiwaan dari segi emosional contohnya saat perempuan sedang masa PMS (pramenstruasi), nah dalam masa PMS perempuan mudah berubah mood dan menurut psikologi itu adalah normal karena jika dalam masa PMS adalah masa pergantian hormon.
                Seperti dalam sebuah hadits, intisarinya adalah “bahwa disaat seorang perempuan sedang haid maka dia sedang dalam keadaan lemah,” sebab dari itulah salah satu alasan Allah melarang perempuan yang sedang haid  untuk melaksanakan salat dan saum baik itu keadaan lemah dari segi pisik ataupun pisikisnya.

Mungkin hanya ini selintas about laydis,
                Salam hormat saya bagi perempuan-perempuan tangguh pengukir sejarah, pendidik orang-orang hebat di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar