Senin, 19 September 2011

Cara Mempengaruhi Orang Lain

METODE CARNEGIE DALAM MEMPENGARUHI ORANG LAIN

1.       Hindari Perdebatan
Percayalah walau bagaimanapun, Anda tidak akan “menang” dalam arti yang sebenarnya di dalam perdebatan, baik Anda sebagai pihak pemenang di dalam perdebatan maupun pihak yang kalah. Pada kondisi tersebut Anda tetap merugi
. Karena jika Anda menang di dalam perdebatan, Anda mampu mematahkan setiap argumen yang diajukan oleh lawan debat Anda, Anda mampu menyangkal, mungkin Anda marasa puas. Namun  lawan debat Anda tidak akan pernah mengakui kemenangan Anda tersebut. Dia tidak akan mau kekalahan tersebut, karena seolah Anda telah “menodai” kehormatan dan harga dirinya.
2.       Jangan pernah Anda katakan kepada orang lain “kamu salah”
Jangan pernah Anda mengatakan kepada orang lain,”kamu salah” walaupun memang sebenarnya ia salah. Karena telah terbukti bahwa mengatakan orang lain salah tidak akan memberi pengaruh/manfaat apa-apa,malah sebaliknya hal itu akan menimbulkan dampak negatif.
Jangan mulai pembicaraan Anda dengan kata-kata,”aku akan buktikan kepada kepadamu kebenaran ini itu,” karena kata-kata seperti itu memberikan sebuah persepsi bahwa seolah Anda lebih pAndai dan lebih jenius daripada lawan bicara tersebut.
3.       Orang yang bijak adalah orang yang mau mengakui kesalahannya.karena, kalau hanya untuk mencoba untuk membela diri dan tidak mau mengakui kesalahan-kesalahannya, maka sebodoh apapun seseorang, ia pasti mampu melakukannya. Sikap yang perlu diterapkan di dalam interaksi Anda dengan orang lain adalah jika Anda benar, maka usahakan Anda meyakinkan orang lain akan kebenaran pandangan Anda tersebut dengan halus dan bijaksana.
4.       Setiap menghadapi segala sesuatu, maka hadapilah dengan kepala dingin dan tenang. Jangan sekali-kali Anda hadapi dengan kekerasan dan kemarahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar